Daraminang.com Tempoe Doeloe

Saya ingat di pertengahan tahun 2007, saya yang gaptek mulai mengenal dunia internet marketing. “Dipaksa” paham dan segera praktek. Semua tutorial bagian per bagian dilahap. Dipahami definisi dari istilah-istilah asing yang luar biasa bikin mumet.

PR awal yang semua member baru wajib buat adalah website berbayar.

Daraminang.com ini PR pertama saya.

Bukan website nama sendiri, misal InsaniRoefliana.com karena saya pikir nama saya susah diingat orang, dieja huruf per huruf aja orang-orang masih suka salah. Maklum ejaan lama, “U” masih ditulis “OE”. Agak unik untuk anak muda kelahiran 1985. Biasanya penggunaan ini terhenti di generasi kelahiran 70an akhir #sotoy.

Pilihan jatuh ke Daraminang.com dengan terutama pertimbangan Branding. Saya seorang Dara dan saya Minang. Simpel!

Tapi ini pun masih ada aja yang salah kira jadi Darahminang.com. Karena pikir mereka, saya berDarah Minang. Ya..ya..ga salah juga sih πŸ™‚ Tapi kesannya kan jadi blog tema Thriller, berdarah-darah

Daraminang.com bermula dari blog pribadi. Isinya sebatas curhatan pribadi beralih fungsi menjadi Toko Online. Karena PR kedua saya waktu itu adalah toko online. Demi penghematan, website yang sudah ada aja diisi produk jualan. Daripada beli domain baru πŸ™‚

screenshot tampilan www.daraminang.com 2007 sampai 2013
screenshoot tampilan www.daraminang.com 2007 sampai 2013

Delapan tahun yg lalu, toko online belum semenjamur sekarang. Komunitas IM kami sudah gencar untuk mulai buka lapak, apapun produknya. Dan laku!

Saya ga mau kalah donk, saya ikutan arus πŸ™‚

Saya pilih jualan aksesoris bros jilbab, supaya ga terlalu mainstream. Karena yang jualan jilbab banyaknya luar biasa. Saya produk pelengkapnya aja. Sedikit ada tambahan aksesoris wanita lain, misal gesper, kalung, gelang, anting dan tusuk konde. Ditambah lagi, tempat belanjanya dekat sekali kantor saya waktu itu. Jadi niche itu sudah yang paling pas.

Bertahan selama 3 tahun, Daraminang.com berkontribusi besar untuk menambah uang jajan saya. Ga jarang keuntungan bersih per bulan melebihi gaji kantoran.

Flashback..

Daraminang.com Tempor Doeloe

2015, Daraminang.com sudah pindah tangan. Lihat saja isinya berbahasa Jepang. Cuma karena kelalaian kecil tapi fatal. Lupa renewal domain. Hasil pencarian di google aja yang terindex masih data Daraminang.com tempoe doeloe. πŸ™

screenshot tampilan www.daraminang.com 20015
screenshot tampilan www.daraminang.com 20015
search result www.daraminang.com
search result www.daraminang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *