Penipuan atas nama Insani Roefliana

Perkenalkan, saya Insani Roefliana. Pemilik toko online : Aksesoris Wanita (www.daraminang.com) & Rendang Padang (www.RendangUniEli.com)

Saya mau share tentang cyber crime khususnya online shopping crime based on pengalaman saya dari sisi penjual/seller. Dimana data saya dicatut untuk transaksi jual beli. Penipuan ini dilakukan di dunia maya maka saya pun harus meluruskannya via media yang sama. Postingan ini cukup panjang tapi luangkan waktu untuk membaca hingga akhir karena pasti ini bermanfaat untuk Anda online buyer maupun seller.

==================

Online shop saya yg pertama, www.DaraMinang.com, dibuat tahun 2009. Info tentang penjual di web dibuat sedetail-detailnya dengan tujuan calon buyer percaya terhadap OL shop saya. Tidak jarang calon buyer meminta diemail copy KTP hingga kemudian saya posting scan KTP saya di link berikut : http://www.daraminang.com/hubungi-kami. Maklum,waktu itu masyarakat Indonesia belum setinggi sekarang ini tingkat kepercayaannya berbelanja di “toko” yg entah berantah lokasinya. Dan maklum juga saya dulu masih Newbie (Ini kesalahan pertama & utama).

 ==================

Maret 2011. Saya dimaki seseorang tidak dikenal via SMS. 1x SMS makian masuk, ekspresi saya : “SMS nyasar nih”. SMS ke-2, ekspresi menjadi : “knp sih nih orang?”. SMS-SMS berikutnya isinya mulai memancing ketidasabaran, ditambah lagi makian di FB. Setelah saya telpon, org itu bernama Merliana Febrianty ( 08571710xxxx). Wajar Merliana mengamuk karena merasa ditipu oleh seseorang yang mengaku bernama Insani Roefliana (085296380763) sesudah DP 650rb ke Rek BNI Muhamad Syahputra untuk pembelian BB.  No HP saya yg asli (XL) didapat stlh HP penipu tidak bisa dihubungi dan pencarian profil org paling gampang ya via FB dengan menjadi friend 🙂

Bermodal info dari Merliana bahwa dia kenal “Insani” di TokoBagus.com, saya coba googling dan dapat 1 link ini : hp-dan-telekom.tokobagus.com/…/ponsel-handpone-blackmarket-1661810.html. Ketika coba masuk ke halaman tersebut link sudah dihapus tapi untungnya google masih tampilkan sedikit info di halaman search. Di sana jelas2 tercantum no HP 085296380763.

 

21 Maret 2011. Saya buat laporan ke TokoBagus.com (Ticket#1038582)

email pengaduan ke www.tokobagus.com

 

Dan ini responnya.

email balasan dr tokobagus-1

email balasan dr tokobagus-2

Email dari TokoBagus.com saya forward ke Merliana Febrianty.  Harapannya korban mau buat laporan ke TokoBagus.com dan penuhi dokumen yg diminta. Tapi sayangnya tidak ada feedback dari korban. Ya sudahlah ya akhirnya urusan nama baik ini dibiarkan menggantung.

==================

 

25 Nov 2011. Telpon masuk dari nomor tidak familiar. Lagi-lagi profil saya dilacak via FB setelah No HP yg mengaku “Insani Roefliana” tidak bisa dihubungi. Korban kali ini namanya Tita Fitria Bafiroes. Ditipu 4,6jt, pesan Ipad yg datang malah sabun batangan. Ahh ngenyek sekali penipu ini. Paket dikirim via JNE agent BINUS. Penipu dikenal melalui friendlist BBM (PIN BB : 21121C58). Korban terbuka cerita kronologisnya karena menurut dia suara Insani asli dan Insani yang pernah dia hubungi sebelumnya berbeda. Insani palsu bersuara lebih halus dan manis (haahaa sial..) dan dia jadi ragu kalau saya benar-benar penipu.

26 Nov 2011. Korban yg ini saya akui pintar dan mau repot. Dia langsung buat BAP di kepolisian Taman Puring blokir No Rek si penipu (Rek BCA #4811149432 an Hary Saputro). Saya pun datang di hari berbeda untuk diinterogasi sebagai saksi. Saya berniat membuat laporan an nama saya sendiri tp polisi menyarankan untuk membuatnya nanti setelah penipu sudah tertangkap. Si penipu kelabakan dan (kata mba Tita) telpon dia berkali-kali minta untuk dibuka blokirannya. Siapa pun yang termasuk Nasabah Prioritas BCA pasti panik kalau uangnya dibekukan. Silahkan dicari tau sendiri berapa minimal saldo seorang Nasabah Prioritas BCA 🙂 Saking paniknya penipu, dia bahkan transfer lagi 4,6jt tapi sayangnya korban keukeuh utk lanjutkan prosesnya.

Thanks to Mba Tita yang sudah kasih saya “pencerahan” sewaktu menghadapi situasi seperti ini. Korban-korban berikutnya juga saya sarankan menduplikasi actionnya mba Tita dan ternyata berhasil, uang kembali.

Update 13 Januari 2012 : tidak pernah komunikasi lagi dgn mba Tita

 

==================

 

4 Jan 2012. Seseorang bernama Silvi SMS tanya apa saya penjual BB. Saya langsung respon dengan SMS & telp ybs karena yakin ini pasti salah satu kasus penipuan lagi. Ternyata benar. Silvi adalah teman Gabriela yg rekeningnya digunakan Gabriela utk transaksi BB Gemini 3G. Transfer dilakukan ke Rek BCA an David Permana #8740269845 (750rb) & Angga Tri Prabowo #0200966805 (650rb). Korban mengenal penipu melalui contact BBM (PIN BB: 21121C58, HP: 085384642946)

Update 14 Jan 2012 : Pengembalian dana oleh BCA utk transaksi ke rek Angga Tri Prabowo

==================

 

5 Jan 2012. Jeda 1 hari, ada korban lain (@almira_filza) yg me-mention saya (@daraminang) di twitter. Filza transaksi utk jual beli BB Pearl & Gemini senilai 2,6jt. Penjelasan singkatnya, korban juga mengenal penipu melalui contact BBM (PIN BB: 21121C58, HP: 085384642946). Korban transfer 1,7jt utk DP ke rek BCA Angga Tri Prabowo #0200966805. Esoknya, pesanan yg dikirim dari JNE Pusat (Tomang) diterima dan isinya berubah jadi buku tulis. Harga yang mahal ya buat sebuah buku tulis 🙂

Curhatan mba Filza bisa dibaca disini : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=615489975

Update 13 JAN 2012 : Uang dikembalikan oleh BCA setelah prosedur yg agak panjang.

 

=================

 

17 Jan 2012. Setiap awal komunikasi dengan korban, pertanyaannya selalu sama : “Kalau data mba dicatut kenapa mba ga pernah lapor ke polisi?”. Jawabannya simpel : “Malas”. Tidak tau lah, kalau harus ke kantor polisi, Setan Malas ramai-ramai menggelayut rasanya :p Pengalaman hilang kartu ATM saja baru saya buat surat kehilangannya berselang hampir setahun. Tapi, sekarang mau tidak mau akhirnya si setan harus dilawan.Hhheehehh.. Saya melaporkan ke Polda Metro Jaya empat nama yg saya ketahui menggunakan identitas & KTP saya untuk menipu dalam jual beli gadget. Itupun setelah ditolak oleh Polres Cileduk karena mereka tidak capable dan Polda Metro Jaya karena bukti tidak dibawa.

Selain empat nama tercantum, tidak menutup kemungkinan muncul nama2 penipu lain karena scan KTP saya dishare di sebuah forum online :http://wallgamers.us/forum/showthread.php?120-opening-recruitment-besar2an-100-vop-staff-bnet-server-!!!-2/page2 (thread sdh tdk bs diakses).

Sampai saat ini pun KTP saya masih terindex di image google dgn kata kunci tertentu. Sudah diupayakan utk deindex dgn submit request ke Google. Tapi ya..bisa direspon bs tidak.

================

Modus yg pertama memanfaatkan portal jual beli seperti TokoBagus.com. Cara tsb kalah ampuh dibandingkan modus ke-2,ke-3 dan ke-4. Tidak lain krn dgn menjadi friend di BBM, calon korban bisa secara langsung dan intens berinteraksi dgn penipu. Minimal memperhatikan update-update status BBM penipu yg dibuat “memancing” calon korban. Apalagi kalau bukan tawaran harga gadget murah. Harapannya semoga tidak di kemudian hari tidak bertambah korban2 si Insani Roefliana palsu ya, mengingat KTP saya masih belaku hingga 8 Juni 2013.

Notes :

Bagi korban kasus serupa coba duplikasi action di atas untuk mengembalikan dana yg sudah terlanjur terkirim. Berhasil untuk korban2 di atas, semoga berhasil juga untuk Anda. Try your best to get your money back 🙂

 

 

 

31 thoughts on “Penipuan atas nama Insani Roefliana”

  1. thx to mba iin yang sudah memberikan semangat untuk menuntaskan kasus ini, saya bersama mba filza, akhirnya bisa mendapatkan hak kami (baca : uang kami)kembali, walaupun proses yg saya lalui lebih ribet dibanding mba filza
    mudah-mudahan web ini bisa memberi pencerahan buat korban yang baru saja atau akan tertipu 🙂

    1. Malem mba gabriela,perkenalkan saya lely dr sidoarjo. Saya adalah korban terbaru dr kasus penipuan ini.kejadiannya antara tgl 1 maret-4maret 2012. Saya baru sadar bahwa sy tertipu tgl 5 maretnya stelah brg paketan sampai ke tangan pembeli saya trnyata bukan hp melainkan cd kosong! (Disini sy akuin sy sgt bodoh/kesirep ato entah apa namanya) dmana sy telah berkali2 trafer rek fiktif itu dlm jmlh besar utk dp hp/ipad yg ndak jelas. Jd sy mengalami penipuan sbesar 63,5juta. Sy td sdh berhasil contact mb insani yg sbenarnya dan dsarankan mmbaca blog ini. Mba,saya mnta tolong saya diberikan informasi bagaimana caranya fight ke bca spy uang saya kembali mba?mnt tlg dgn sangat. Disini kondisinya sy sdh pnya laporan kepolisian dan sudah lapor ke kantor bca dan blokir rek fiktif,tp mmg saya terlambat dana itu sdh ditrafer oleh penipu itu entah kemana. Apa mmg ada solusi lain/saran utk saya mba? Tlg info sy via email utk komunikasi lbh lanjut mba. Trimakasih banyak sblumnya mba..

    2. sist aq mau tanya… cara nya agar uang qt yang sudah di tt ke rek penipu bisa balik, aq ada kena tipu sama os, ga banyak sih… tapi aq sudah bikin laporan ke pihak bank, tinggal ke polisi… nah setelah semua data qt qrim ke bank, apa lagi tindak lanjut dari bank bca tsbt… terima kasih

  2. In, udah gw bantu sebar infonya ya. Saran gw sih bikin banner/peringatan di daraminang.com yg mengarah ke klarifikasi ini sehingga orang akan lebih berhati2.

    Lalu gimana, penipu yg rekeningnya dibekukan tsb bisa dipanggil polisi nggak? Kalau hanya kembaliin duit kok rasanya belum tuntas ya…

    1. ok nanti gw buatin banner deh..

      data detail pemilik rekening utk korban Tita udah didpt dr BCA tp blm ada progres.

      Utk korban2 yg lain,blm ada penyelidikan sama sekali.gw cm baru diverifikasi data & kronologisnya aja

  3. makasih infonya mbak
    jadi makin khawatir nih ngeliatin identitas pribadi di internet. bener kata dosen saya, ga boleh share data pribadi di internet 😀

    1. iya… dan ga cuma dengan 1 kata kunci. ada banyak kata kunci yg menampilkan hasil KTP saya di halaman pertama pencarian 🙁

      itu knp postingan ini dibuat,supaya makin banyak yg ngeh dan berhati2

  4. mbak, kenapa kasus yg pertama gak sekalian di laporin, kan namanya udah ada harry saputro (Rek BCA #4811149432 an Hary Saputro)siapa tau dari situ terungkap si penipu yg sampai saat ini masih berkeliaran di dunia nyata dan dunia maya…..

  5. malam semuanya hari ini tgl 6 juli 2012 saya korban terbaru dari website http://www.berkah77.blogspot.com saya tergiur harga bb yang murah walaupun saya ragu sebenarnya, didalam website tersebut ada KTP Pemilik dengan no. 09.5403.171279.00165 atas nama Rudi Prasetya, disana tertera SITU dengan no 5043279998.2547/VII/2008, awalnya saya tergiur dengan harga murah yang ditawarkan untuk BB setelah saya hub dan nego dari 2,5 jt menjadi 2 jt di no hp 085211110134 dan 082111711157 kemudian saya kirimkan sesuai dengan format yang diberikan didalam websitenya setelah itu saya disuruh transfer biaya sesuai dengan deal biaya berdasar rek BRI no 013.301.033.910.504 a/n Yogi pramutia setelah transfer kemudian dia sms mau dikirim lewat apa tiki, jne, bandara karena saya sudah keluar uang maka saya ingin yang cepat sampai saya pilih bandara, kemudian saya tanya mau diambil dimana, dia bilang petugas bandara yang akan kirimkan kerumah tetapi saya harus bayar asuransi sebesar 5,7 jt saya tidak mau bayar dan ngotot tidak mau bayar kemudian dia turunkan harga menjadi 3 juta yang nantinya setelah barang sampai dia transfer kembali uang asuransi tersebut. saya merasa tertipi saya cari di google dan pengalaman saya mengirim barang lewat cargo tidak ada asuransi seperti tersebut. akhirnya saya harus ikhlaskan uang 2 jt tersebut, seandainya uang tersebut kembali saya ingin sumbangkan aja ke anak yatim yang lebih mebutuhkan. saya sampai sekarang tidak ada henti2nya meneror orang tersebut. rasanya kecewa. oh iya diweb alamatnya di kawasan nagoya hilk blok D no 7 kepri batam, semoga tidak ada lagi orang yang tertipu dengan orang ini lagi

    1. betul mas….istri saya hampir juga kena tipu ini mas… nomor siup yang di kasih sama… terima kasih mau share pengalamannya supaya korban2 tidak berjatuhan lagi. keep posting ya mas….

    2. Berarti KTP yg digunakan itu palsu, sebagian toko elektronik online dr Batam (bsa jd penyalhgunaan tempat/almat yg bertempt d Batam, Riau) menggunakan KTP tsbt (meskipun atas nama toko berbeda dan no hp yg pastinya berbeda, tp masih d sekitar Batam, Riau).. Saya udh searching dan kebanyakan toko elektronik online dr Batam (yg mengatasnamakan tempatnya di Batam) itu abal” alias tukang tipu,, hati” gan

  6. saya trtipu blnj ditokobagus mba..saya transper uang 1.6jt k rek bri a/n chandra syafutra 326501001535504 .tolong bantu supaya uang saya kmbali gmn ya?mksh

  7. Intinya masyarakat yang menjadi korban penipuan dengan barang murah adalah orang bodoh dan tolol. Apa otaknya gak bisa mikir bahwa harga yang ditawarkan penipu sangat tidak masuk akal.

  8. Pingback: Hello July 2013 |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *