Tips Cara Mengatasi Fobia

Tips cara mengatasi fobia. Gambar di bawah ini adalah asli fobia yang saya hadapi : Cicak. Tidak akan pernah bisa tenang berada tepat di bawah cicak.

fobia takut cicak
fobia takut cicak

Hampir setiap orang memiliki ketakutan yang irrasional. Bisa jadi ketakutan tersebut begitu parah sehingga menimbulkan kecemasan yang luar biasa.

Fobia adalah rasa takut yang intens terhadap sesuatu, yang pada kenyataannya menimbulkan sedikit atau tidak ada bahaya yang sebenarnya. Kabar baiknya adalah fobia ternyata dapat dikelola dan disembuhkan.

“Normal ” takut vs fobia

Hal ini normal dan bahkan membantu untuk mengalami rasa takut dalam situasi berbahaya . Ketakutan adalah respon manusia adaptif . Ini melayani tujuan pelindung , mengaktifkan otomatis ” melawan atau lari ” respon . Dengan tubuh dan pikiran waspada dan siap beraksi kami , kami dapat merespon dengan cepat dan melindungi diri kita sendiri .

Fobia umum dan ketakutan meliputi tempat sempit, ketinggian , mengemudi di jalan raya, serangga terbang , ular , dan jarum . Namun, kita dapat mengembangkan fobia dari apa pun. Kebanyakan fobia berkembang di masa kanak-kanak , tetapi mereka juga dapat berkembang pada orang dewasa .

Ada empat jenis umum dari fobia dan ketakutan :

  1. Fobia hewan . Contohnya termasuk takut ular , takut laba-laba , takut hewan pengerat , dan takut anjing .
  2. Fobia lingkungan alam . Contohnya termasuk takut ketinggian , takut badai , takut air , dan takut gelap .
  3. Fobia Situasional ( ketakutan dipicu oleh situasi tertentu ) . Contohnya termasuk takut ruang tertutup ( claustrophobia ) , takut terbang , takut mengemudi , takut terowongan , dan takut jembatan .
  4. Darah – Injection – Injury fobia . Rasa takut darah , takut atau cedera , atau takut jarum atau prosedur medis lainnya.

Tips Mengatasi dan Menghilangkan Fobia

  1. Memahami fobia Anda adalah langkah pertama untuk mengatasinya . Kenali alasan penyebab fobia tersebut.
  2. Mengalihkan kecemasan Anda ke hal lain sehingga Anda tidak terlalu fokus dengan kecemasan hebat yang sedang di alami
  3. Berlatih mengatasi fobia. Kadang ini membutuhkan pengulangan.

 Jangan Cemas Memulai Bisnis OnlineFotor0323151256

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *